Barito Renewables Energy (BREN) Siap Mengguncang Pasar Energi Terbarukan dengan Akuisisi PLTB di Sulawesi

0 Comments

RedaksiBali.com – Barito Renewables Energy (BREN), salah satu pemain utama di industri energi terbarukan, dikabarkan tengah memasuki pembicaraan serius untuk mengakuisisi pembangkit listrik tenaga angin (PLTB) di Sulawesi, dengan nilai transaksi mencapai lebih dari 100 juta dolar AS. Kabar baik ini menyusul pembentukan PT Barito Wind Energy oleh BREN pada 27 Oktober 2023, menunjukkan komitmen mereka untuk memperluas jejak di sektor energi terbarukan.

Diperkirakan bahwa transaksi besar ini dapat selesai pada akhir 2023 atau awal 2024, membawa angin segar bagi industri energi terbarukan di Indonesia. Saat ini, Barito Renewables Energy memiliki kas sebesar 320,2 juta dolar AS, yang akan digunakan untuk mendanai akuisisi ini, menurut laporan keuangan hingga kuartal ketiga 2023. Tidak heran, setelah munculnya rumor ini, saham BREN langsung melonjak sebanyak 12,24% pada Kamis (30/11), menandakan antusiasme investor terhadap langkah strategis perusahaan ini.

baca juga :

Sri Mulyani: Jepang, Inggris, dan Sejumlah Negara Maju Resesi, Mereka Lemah!

Harga Beras Melonjak di Semarang, Tembus Rp 21.000 Per Kg

Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp6.349 Triliun di Akhir 2023

Dampak Kenaikan Harga Bahan Pokok dan Kelangkaan Pangan Jelang Pemilu

Peluang Akuisisi di Sulawesi

Sulawesi Selatan menjadi fokus utama, dengan dua PLTB besar: PLTB Sidrap (75 MW) dan PLTB Jeneponto (72 MW). Perkiraan menunjukkan bahwa BREN cenderung mengakuisisi PLTB Sidrap, mengingat hubungan dekat antara Grup Barito dan Grup Ayala. Grup Ayala, melalui AC Energy, adalah pemegang saham penting di PLTB Sidrap.

Sebelumnya, Grup Barito telah berhasil membeli mayoritas aset PLTP Salak dan Darajat dari AC Energy, menciptakan kerjasama yang sukses di sektor energi terbarukan. Dengan membawa PLTB Sidrap ke dalam portofolio mereka, BREN dapat mengukuhkan posisinya sebagai pemain utama di pasar energi terbarukan.

Potensi Pertumbuhan Besar

Jika transaksi ini berhasil, anak usaha BREN, PT Barito Wind Energy, berpotensi menjadi pemilik mayoritas PLTB Sidrap. Dengan mengintegrasikan aset ini, total kapasitas terpasang BREN dapat tumbuh sebesar 8,5%, mencapai angka mengesankan sebesar 961 MW.

Kesimpulan: Momentum Energi Terbarukan Bersama BREN

Dengan strategi akuisisi yang kuat dan komitmen terhadap sumber energi bersih, BREN menandai langkah besar dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Investor dan pengamat pasar diundang untuk mengikuti perkembangan ini, karena BREN bersiap untuk mengukir prestasi baru di industri energi terbarukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts