Kemungkinan Timnas Indonesia Akan Gunakan Skuad B di Piala ASEAN 2024: Ini Alasannya

0 Comments

RedaksiBali.com – Timnas Indonesia hampir dipastikan lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia. Dalam dua pertandingan terakhir melawan Irak dan Filipina, pelatih Shin Tae-yong dan skuadnya hanya perlu meraih tiga poin untuk memastikan lolos 100 persen. Dengan performa impresif saat ini dan kualitas pemain naturalisasinya, tugas ini tidaklah berat bagi Timnas Indonesia.

Jadwal yang Bertabrakan
Babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia akan digelar pada pertengahan November 2024, sementara Piala ASEAN 2024 akan berlangsung dari 23 November hingga 21 Desember 2024. Hal ini menyebabkan kemungkinan besar Timnas Indonesia tidak akan menggunakan skuad terkuatnya di kejuaraan Asia Tenggara tersebut.

Dua Alasan Utama Penggunaan Skuad B
Ada dua alasan utama mengapa Timnas Indonesia akan menggunakan skuad B di Piala AFF 2024:

  1. Belum Ada Tujuan Khusus di Piala AFF 2024
    Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, menyatakan bahwa hingga saat ini Indonesia belum memiliki tujuan khusus di Piala AFF 2024. “Mudah-mudahan kita bisa menang maksimal meski saat ini kita belum tahu apa tujuan spesifiknya,” katanya. Sumardji menjelaskan bahwa tujuan Timnas Indonesia di Piala AFF ASEAN 2024 masih akan dibicarakan secara internal di PSSI dan menunggu keputusan dari Ketua Umum Erick Thohir.
  2. Piala AFF Bukan Turnamen Resmi FIFA
    Piala AFF bukanlah turnamen resmi FIFA, sehingga tidak akan mempengaruhi peringkat dunia Timnas Indonesia. Klub-klub memiliki hak penuh untuk tidak melepas pemainnya, terutama yang bermain di Eropa. Dengan mayoritas pemain inti yang bermain di luar negeri, akan sulit bagi Indonesia untuk menurunkan semua bintang terbaiknya.
baca juga ….

Sejarah dan Tantangan di Piala AFF
Indonesia belum pernah menjuarai Piala AFF meski sudah enam kali mencapai final. Di babak penyisihan grup Piala AFF 2024, pelatih Shin Tae-yong dan timnya akan bertemu kembali dengan Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos. Mengingat jadwal yang padat dan prioritas yang lebih tinggi di kualifikasi Piala Dunia, keputusan untuk menggunakan skuad B bisa menjadi strategi yang tepat.

Keputusan Timnas Indonesia untuk kemungkinan menggunakan skuad B di Piala AFF 2024 didasarkan pada jadwal yang bertabrakan dengan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 dan fakta bahwa Piala AFF bukanlah turnamen resmi FIFA. Meskipun tantangan di Piala AFF tetap besar, prioritas utama adalah performa di kualifikasi Piala Dunia.

Dengan demikian, fokus utama pelatih Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia adalah memastikan lolos ke Piala Dunia 2026, sementara Piala AFF akan menjadi ajang pembuktian bagi pemain-pemain muda dan skuad B.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts