PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) Mengakuisisi Menara Telekomunikasi Milik PT XL Axiata Tbk (EXCL)

0 Comments

Pada tanggal 25 September 2023, PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) secara resmi mengambil alih 54 menara telekomunikasi yang dimiliki oleh PT XL Axiata Tbk (EXCL). Selain itu, kedua perusahaan juga menyepakati kontrak sewa (lease back) untuk 53 menara dengan nilai sebesar Rp36 miliar. Hanya 1 menara yang tidak termasuk dalam kontrak sewa tersebut dan akan tetap ditempati oleh operator lain.

Menurut pernyataan dari Sekretaris Perusahaan EXCL, Ranty Astrai Rachman, dalam Keterbukaan Informasi BEI, transaksi pembelian 54 menara telekomunikasi ini melibatkan 63 penyewa atau memiliki tenancy ratio sebesar 1,16x. Selain itu, MTEL juga menyepakati untuk menyewakan kembali 53 menara telekomunikasi kepada PT XL Axiata Tbk (EXCL) dengan total nilai transaksi sebesar Rp. 36.624.000.000.

baca juga : 

Manajemen EXCL memastikan bahwa pengambilalihan ini tidak akan memiliki dampak material terhadap kegiatan operasional, status hukum, kondisi keuangan, ataupun kelangsungan usaha perseroan. Sementara itu, Direktur Investasi sekaligus Sekretaris Perusahaan MTEL, Hendra Purnama, menyatakan bahwa tambahan menara telekomunikasi ini akan semakin memperkuat posisi perseroan di industri penyediaan infrastruktur telekomunikasi.

Hingga akhir Juni 2023, Mitratel, anak perusahaan dari MTEL, telah memiliki total 36.719 menara telekomunikasi. Dari jumlah tersebut, sekitar 42 persen atau setara dengan 15.354 menara berada di wilayah Jawa, sedangkan sisanya sekitar 52 persen atau setara dengan 21.365 menara tersebar di luar Jawa. Jumlah menara Mitratel ini mengalami penambahan sebanyak 7.912 unit atau setara dengan 27,6 persen secara tahunan dibandingkan dengan akhir Juni 2022 dan meningkat sebanyak 1.301 unit dibandingkan dengan akhir tahun 2022 yang mencapai 35.418.

Berdasarkan laporan arus kas perusahaan per akhir Juni 2023, Mitratel telah menginvestasikan hampir Rp 3 triliun untuk akuisisi dan pembangunan menara. Dengan akuisisi 54 menara telekomunikasi dari XL Axiata dan penyewaan kembali 53 menara kepada operator telekomunikasi tersebut, Mitratel semakin meningkatkan kekuatan dan posisinya di industri penyediaan infrastruktur telekomunikasi.

video terkait :

 

Umah IT
adaru bhumi
Siplah Umah IT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts