Penurunan Obligasi AS Menciptakan Prospek Ekuitas yang Berbahaya

0 Comments

Penurunan obligasi Amerika Serikat (AS) yang semakin intensif menambah tekanan pada perekonomian global dan menciptakan prospek ekuitas yang dinilai “sangat berbahaya”, kata kepala investasi manajer hedge fund Livermore Partners.

Era baru suku bunga yang lebih tinggi telah menyebabkan imbal hasil (yield) obligasi pemerintah AS melonjak, menghambat pengembalian bagi investor dan membalikkan status quo selama satu setengah dekade terakhir, kata David Neuhauser pada pada Jumat (27/10) kepada CNBC internasional.

Imbal hasil obligasi bergerak berbanding terbalik dengan harga.

Imbal Hasil Obligasi Meningkat

“Saya pikir kondisi ini sangat berbahaya pada saat ini,” katanya, ketika ditanya betapa mengkhawatirkannya kondisi tersebut terhadap ekuitas.

“Kita berada di dunia yang penuh risiko di mana, selama hampir 15 tahun, Anda memiliki pasar obligasi yang berada dalam kondisi pasar bullish, dan Anda memiliki suku bunga negatif selama beberapa tahun,” tambah Neuhauser.

Dinamika ini mempengaruhi perekonomian global, ketika harga rumah terjangkau, harga mobil terjangkau, dan masyarakat dihadapkan pada lingkungan dan gaya hidup yang memiliki tingkat suku bunga yang jauh lebih rendah.

Kondisi tersebut telah berubah karena bank sentral AS terus mendorong kenaikan suku bunga untuk mengatasi inflasi yang lebih tinggi. Hal ini, pada gilirannya, telah mendorong imbal hasil obligasi lebih tinggi dan melemahkan anggaran pemerintah dengan meningkatkan biaya pinjaman.

Tekanan pada Perekonomian dan Pasar Saham

Di pasar Treasury AS, yang merupakan komponen penting dari sistem keuangan global, imbal hasil obligasi telah melonjak ke tingkat tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya sejak awal krisis keuangan global. Di Jerman, negara dengan perekonomian terbesar di Eropa, imbal hasil telah mencapai level tertinggi sejak krisis utang zona euro pada 2011. Di Jepang, di mana suku bunga masih di bawah 0%, imbal hasil telah meningkat ke level tertinggi pada 2013.

baca juga :

Satgas Damai Cartenz Ungkap 21 Kejahatan TPNPB Pimpinan Undius Kogoya

Gangguan PDN Sebabkan Chaos di Bandara, Penumpang Diminta Tindakan Ini

Ranking FIFA Negara ASEAN: Indonesia Terus Pepet Vietnam

Penampilan Terakhir Timnas Indonesia di Piala Dunia: Shin Tae-yong Maksimalkan Setiap Peluang

“Saya pikir hal ini akan menimbulkan banyak kesulitan dalam perekonomian,” kata Neuhauser.

Ketidakseimbangan fiskal tersebut memberikan “banyak amunisi bagi penurunan obligasi”, tambah manajer dana lindung nilai tersebut, dengan suku bunga kemungkinan akan tetap lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama.

“Apa yang Anda lihat sekarang di pasar obligasi adalah, para pecinta obligasi kembali populer, kembali dari tahun ‘80-an, kembali dari kematian, dan saya pikir mereka memimpin pasar saat ini,” jelasnya.

Tekanan pada Konsumen dan Perusahaan

Pernyataan Neuhauser menggemakan komentar serupa awal pekan ini dari kepala kedaulatan dan mata uang global UBS Asset Management, Kevin Zhao.

“Penjaga obligasi akan kembali,” kata dia.

Bank sentral sangat menekankan suku bunga kemungkinan tidak akan turun dalam waktu dekat. Bank Sentral Eropa (ECB) menegaskan kembali poin tersebut pada Kamis (26/10), mempertahankan suku bunga stabil pada rekor tertinggi 4%. Sementara The Federal Reserve (The Fed) AS diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada 5,25%-5,50% pada minggu depan.

Neuhauser mengatakan tarif yang lebih tinggi ini akan sangat membebani konsumen dan korporasi.

“Saya pikir hal ini akan menimbulkan banyak tekanan pada pasar kredit, akan menimbulkan banyak tekanan pada konsumen di masa depan,” sebutnya.

Perusahaan juga akan mendapat tekanan dari tingginya utang dan biaya refinancing, kata Neuhauser.

“Pada akhirnya hal ini akan menyebabkan tren penurunan perekonomian dan juga akan merugikan pasar saham dan Anda mulai melihatnya hari ini,” tambahnya.

video terkait :

Siplah Umah IT
Umah IT
adaru bhumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts