Proyeksi IHSG: Potensi Pelemahan dan Rekomendasi Saham untuk Pekan Ini

0 Comments

RedaksiBali.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan mengalami pelemahan dalam pekan ini. Rentang pergerakan IHSG diperkirakan akan berada di antara level support 7.280 dan resistance 7.416. Oktavianus Audi, Head Customer Literation and Education Kiwoom Sekuritas Indonesia, mengungkapkan bahwa IHSG kemungkinan akan mengalami pelemahan yang terbatas dan akan menguji area pasokan 7.278-7.377 yang telah terbentuk sejak April 2022.

Menurut Audi, secara mingguan, IHSG telah memasuki area jenuh beli berdasarkan indikator RSI. Hal ini membuka peluang terjadinya koreksi sehat. Pada perdagangan Jumat lalu, IHSG ditutup melemah sebesar 0,12% atau 9,14 poin menjadi 7.350. Total saham yang diperdagangkan mencapai 18,66 miliar dengan nilai transaksi sebesar Rp9,90 triliun dan frekuensi perdagangan sebanyak 1.253.721 kali. Dalam perdagangan tersebut, terdapat 294 saham yang mengalami koreksi, 237 saham mengalami kenaikan, dan 236 saham lainnya stagnan. Index sempat mencapai level tertinggi di 7.403 selama perdagangan akhir pekan kemarin.

Audi menyatakan bahwa kenaikan IHSG didorong oleh kenaikan saham PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL), serta saham-saham big cap termasuk emiten rokok yang mengalami penguatan. Sentimen eksternal juga mempengaruhi pergerakan IHSG, terutama dari data klaim pengangguran mingguan Amerika Serikat (AS) yang menunjukkan penurunan yang lebih besar dari perkiraan.

Baca juga ….

Sri Mulyani: Jepang, Inggris, dan Sejumlah Negara Maju Resesi, Mereka Lemah!

Harga Beras Melonjak di Semarang, Tembus Rp 21.000 Per Kg

Utang Luar Negeri Indonesia Tembus Rp6.349 Triliun di Akhir 2023

Dampak Kenaikan Harga Bahan Pokok dan Kelangkaan Pangan Jelang Pemilu

Untuk perdagangan pekan ini, Audi menyarankan investor untuk memperhatikan saham-saham di sektor energi, keuangan, dan infrastruktur. Beberapa saham yang dapat dipertimbangkan antara lain PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU), PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), dan PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) yang semuanya direkomendasikan untuk trading buy. Selain itu, Audi juga merekomendasikan buy on break pada saham PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA).

Dalam menghadapi potensi pelemahan IHSG, investor perlu mempertimbangkan dengan hati-hati dan melakukan analisis mendalam sebelum mengambil keputusan investasi. Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pergerakan pasar saham dapat membantu investor untuk membuat keputusan yang lebih bijaksana.

Demikianlah proyeksi IHSG dan rekomendasi saham untuk pekan ini. Tetaplah waspada dan selalu ikuti perkembangan pasar saham untuk mengambil langkah yang tepat dalam investasi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts