ROG Strix GeForce RTX 4090 24GB GDDR6X OC EVA 02 Edition PSU 1000W

Rebalancing Indeks MSCI: BUMI dan MIDI Masuk, CUAN Keluar

0 Comments

RedaksiBali.com – Pada tanggal 29 Februari 2024, Morgan Stanley Capital International (MSCI) Indonesia mengumumkan rebalancing indeks MSCI Small Cap Indexes List. Perubahan ini akan berlaku mulai tanggal 1 Maret 2024. Dalam rebalancing ini, saham Bumi Resources ($BUMI) dan Midi Utama Indonesia ($MIDI) akan masuk MSCI Small Cap Indexes List, sementara Petrindo Jaya Kreasi ($CUAN) keluar dari indeks tersebut.

Sebelumnya, CUAN memiliki bobot (weight) sebesar 3,31% di indeks MSCI Small Cap Indexes List. Namun, dengan keluarnya CUAN dari indeks tersebut, saham ini akan mengalami outflow. Di sisi lain, BUMI dan MIDI akan mendapatkan inflow karena masuk ke dalam indeks.

Perlu diingat bahwa konstituen indeks MSCI Global Standard Indexes List dan MSCI Micro Cap Indexes List tidak mengalami perubahan. Rebalancing berikutnya akan diumumkan pada tanggal 14 Mei 2024, dengan tanggal efektif pada 3 Juni 2024.

baca juga ….

Penyebab dan Dampak Pelemahan Nilai Tukar Rupiah yang Anjlok Hampir Rp16.000 per dolar AS

Kenaikan PPN dan Dampaknya terhadap Ekonomi RI

Laba Bersih BREN Meningkat 17,9% YoY pada 2023: Analisis Kinerja dan Proyeksi 2024

Usulan PMN Rp44,24 Triliun untuk 16 BUMN pada Tahun 2025: Daftar Lengkap dan Rinciannya

Pada perdagangan hari ini, Selasa (13/2), BUMI dan MIDI masing-masing ditutup menguat sebesar 4,7% dan 4,4%. Sementara itu, CUAN mengalami penurunan yang signifikan, yaitu -9,9%. TPIA dan BREN juga mengalami pelemahan pada hari ini, dengan masing-masing turun sebesar -19,6% dan -7,3%.

Sebelumnya, terdapat harapan bahwa TPIA dan BREN juga berpotensi masuk ke dalam indeks MSCI. Namun, pada rebalancing kali ini, hanya BUMI dan MIDI yang berhasil masuk ke dalam indeks tersebut.

Rebalancing indeks MSCI merupakan hal yang penting untuk diikuti oleh para investor. Dengan mengetahui saham-saham yang masuk atau keluar dari indeks, investor dapat melakukan strategi investasi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts